Panduan Terlengkap Apa itu Brand Positioning dan Strategi Penerapannya!
Panduan Terlengkap Apa itu Brand Positioning dan Strategi Penerapannya!
Brand positioning adalah strategi usaha untuk lebih dekat bersama pelanggannya. Salah satu caranya adalah meninggalkan kesan menarik ke pelanggan lewat trik pemasaran yang tepat.
Kunci berhasil penerapan Strategi Brand Positioning adalah usaha mesti menonjoklkan keunikan brandnya sendiri yang bisa membedakan dari kompetitor. Saat ini, banyak usaha pilih untuk gunakan tools marketing seperti positioning WhatsApp di dalam membangun branding di mata pelanggan.
Lalu bagaimana agar merk Anda di terima dan dipandang oleh pelanggan dan strategi jalankan merk positioning yang kuat? Yuk, simak ulasan selengkapnya tentang positioning merk pada artikel di bawah ini.
Apa itu Brand Positioning?
Brand positioning adalah teknik memposisikan merk usaha agar gampang dikenali pelanggan. Teknik ini melukiskan sejauh mana sebuah merk dianggap menguntungkan, berbeda, dan kredibel di mata pelanggan.
Brand positioning bukan hanya membawa dampak tagline atau logo usaha saja, tetapi lebih jauh yaitu sebuat strategi yang membedakan usaha Anda bersama kompetitor.
Strategi Brand Positioning di mulai dari merancang penawaran dan membawa dampak citra perusahaan agar usaha Anda di terima oleh masyarakat. Beberapa langkah yang dikerjakan menjadi bersama memainkan posisi pada harga, promosi, distribusi, pengemasan, dan lainnya.
Bagaimana Strategi Penerapan Brand Positioning yang Kuat?
Pastikan Anda paham tentu siapa saja dan persona yang seperti apa yang diminati obyek pelanggan Anda. Selain itu juga kenali baik produk yang Anda memiliki sebelum menjadi menyusun posisi merk Anda.
Kesalahan yang seringkali terjadi adalah beranggap taglines atau slogan dari merk Anda sebagai positioning. Positioning mesti tetap lagi ke pengakuan tentang produk Anda, agar lama-kelamaan persepsi pelanggan tentang produk Anda dapat terbentuk bersama sendirinya.
Ikuti strategi berikut ini untuk membangun merk positioning kuat:
1. Tentukan bagaimana persepsi yang udah beredar di tengah masyarakat
Jika Anda udah lumayan lama berada di tengah marketplace, maka sementara yang pas bagi Anda untuk menyatukan feedback dari mantan konsumen atau klien Anda sementara ini tentang pandangan mereka pada merk Anda. Dari sini, Anda bisa menarik analisis tentang apa sesungguhnya merk Anda bagi penduduk luas.
2. Kenali siapa saja kompetitor merk Anda
Tidak cuma kompetitor secara general bersama sedikit kesamaan di bidang strategi dan obyek market, tetapi kerucutkan sampai kompetitor yang langsung berhadapan bersama Anda dikarenakan sifat merk yang bisa dibilang sama dan menjadi alternatif satu sama lain.
Dengan mengenal bagaimana kompetitor Anda berhasil dan coba mendapatkan apa yang membawa dampak merk Anda lebih unggul dan fokus di perihal tersebut, maka merk Anda bisa melampaui pesaing Anda berikut di mata konsumen Anda.
3. Berfokuslah pada ide-ide merk positioning yang beri tambahan kegunaan nyata
Apa yang membawa dampak konsumen dapat menjadi nyaman dan pas bersama merk Anda? Apa yang Anda menawarkan yang dapat menunjang konsumen mendapatkan solusi dari masalahnya? Di sinilah Anda mesti amat merancang strategi untuk menciptakan positioning yang bermanfaat. Memiliki kegunaan berwujud informasi atau solusi dapat tetap membawa dampak konsumen pilih merk Anda.
4. Buatlah merk statement yang jelas
Brand statement merupakan satu atau dua kata-kata deklarasi yang mengemukakan keunikan dari merk Anda kepada pelanggan dibandingkan bersama kompetitor utama Anda. Berikut rumusan yang bisa Anda terapkan:
Bagi (target konsumen Anda) yang (kebutuhan obyek konsumen Anda atau kesempatan yang dikejar oleh obyek konsumen Anda), (nama produk atau merk Anda) adalah (golongan produk atau merk Anda) yang (manfaat dari produk atau merk Anda, yang juga dapat meyakinkan konsumen tentang merk Anda), tidak seperti (alternatif tidak cuman merk Anda), produk merk kami (pernyataan tentang perihal yang membawa dampak merk berbeda).
5. Tonjolkan berlebihan Produk
Setiap produk yang dibikin tentu memiliki manfaat. Disini Anda mesti membawa dampak produk yang dijual keluar lebih menonjol manfaatnya lebih dari produk pesaing. Coba Anda membuat produk berikut memiliki menambahkan kegunaan dibanding pesaing. Hal ini membawa dampak pelanggan dapat berpikir, produk Anda jauh lebih unggul manfaatnya.
6. Buat Kemasan atau Atribut Produk Unik
Mungkin Anda dulu lihat banyak produk sejenis dijual di pasaran. Misalnya produk minuman susu kemasan. Minuman susu berikut dibikin bersama gunakan kemasan tidak serupa berwujud botol, kaleng, atau karton bersama berbagai design. Hal ini dapat beri tambahan pelanggan pilihan, produk mana yang menarik bagi mereka untuk dibeli.
7. Sesuaikan Besaran Harga dan Kualitas Produk
Penerapan strategi penetapan harga ini tidak cuma fokus pada harga yang tidak mahal saja. Sebaiknya Anda bisa pilih harga produk diimbangi juga bersama kualitasnya. Apabila produk Anda memiliki kualitas yang baik bersama harga terjangkau dari para pesaing, tentu pelanggan dapat lebih tertarik kepada produk Anda.
8. Tentukan Penempatan Iklan yang Tepat
Promosi merk melalui iklan menunjang menaikkan kredibilitas dan memperkuat merk yang dimiliki. Dengan menempatkan iklan yang pas bisa mempertahankan pelanggan untuk terus mempercayai produk atau merk yang dibuat.
9. Lakukan Pengujian pada Pasar
Uji strategi Anda pada pelanggan atau obyek pasar yang dituju. Apakah udah lumayan efektif atau tetap ada yang kurang? Jika hasil yang didapat tetap di bawah ekspektasi, bermakna Anda mesti jalankan evaluasi mengenai strategi yang tepat.
10. Gunakan Tools yang Tepat
Untuk membangun merk positioning yang kuat, tentu saja Anda butuh sebuah tools marketing. Dimana tools berikut dapat memudahkan Anda di dalam membangun awareness. Misalnya bersama menerapkan WhatsApp Positioning, tools ini dapat memudahkan Anda untuk berinteraksi bersama pelanggan. Selain itu, tools marketing juga dapat memudahkan Anda di dalam memantau keefektifan strategi pemasaran yang Anda terapkan.
Comments
Post a Comment